Festival Danau Toba Diundur ke September

Pelaksanaan Festival Danau Toba ditunda menjadi September-Oktober 2013 dari jadwal yang direncanakan sebelumnya pada 29 Juni-13 Juli.

“Benar ada penundaan FDT itu dari Pemerintah Pusat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beralasan penundaan dilakukan untuk semakin menjadikan FDT sebagai kegiatan berskala nasional dan menarik banyak wisatawan,” kata salah seorang panitia lokal FDT di Samosir Melani Butarbutar di Medan, Kamis.


Pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten memang berharap kegiatan FDT jauh lebih baik dari Pesta Danau Toba yang selama ini digelar. Bahkan, FDT diharapkan bisa menjadi kegiatan pariwisata terbesar Indonesia pada tahun ini.

Dengan rencana besar pemerintah terhadap FDT, tentunya pemunduran jadwal festival itu sangat bisa dipahami.

“Soal tanggal FDT itu digelar, panitia masih menunggu kepastian lebih lanjut,”katanya.

Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, sebelumnya menyebutkan, FDT 2013 yang digelar 29 Juni-13 Juli dipromosikan hingga ke Belanda.

Pihak kedutaan besar RI di Belanda itu menyambut baik dan mendukung kegiatan FDT tersebut dengan ikut mempromosikan sehingga diharapkan wisatawan negara itu mau menyaksikan festival itu.

Mangindar mengakui, saat dia di Belanda menghadiri kegiatan pameran bunga dan hortikultura Oktober tahun lalu, FDT itu juga telah dipromosikan.

Kegiatan FDT yang menurut rencana dipusatkan di Pantai Wisata Batu Hoda Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir akan mempunyai acara beragam termasuk lomba perahu yang diikuti peserta dari negara asing. (AntaraSumut)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara.  Telp. 061-76874434. CP. 08126519178. Email:armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.