KTT APEC Momentum Promosi Pariwisata Sumut

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menjadikan kehadiran pemimpin luar negeri dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasific (Asia Pacific Economic Cooperation/APEC) 2013 sebagai momentum potensi kepariwisataan di daerah itu.

Usai simulasi penanggulangan teror di kantor wali kota Medan, Rabu, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan, salah satu lokasi yang akan diperkenalkan adalah Danau Toba yang menjadi lokasi wisata andalan Sumut. “Itu pasti (akan dibawa ke Danau Toba),” katanya.

Untuk memungkinkan membawa kepala negara yang menjadi peserta KTT APEC ke Danau Toba, pihaknya terlebih dulu akan memberikan jaminan keamanan di Sumut.

Dengan kondisi aman tersebut, peserta KTT APEC yang teridri dari sejumlah kepala negara itu akan merasa nyaman untuk menikmati potensi wisata di Sumut, terutama Danau Toba. “Keamanan adalah modal awal,” kata Gatot.

Menurut dia, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman tersebut, pihaknya meningkatkan koordinasi unsur forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) dan pemkab/pemkot di Sumut.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan supervisi dari pemerintah pusat mengenai kesiapan Provinsi Sumut sebagai tuan rumah KTT APEC ke-21 tersebut.

Dari koordinasi yang dilakukan, pihaknya telah memiliki pilihan tempat untuk menjadi lokasi penyelenggaraan KTT APEC 2013 tersebut.

“Namun itu akan terus dievaluasi,” katanya.

Ia mengatakan, koordinasi dan supervisi tersebut akan dimaksimalkan karena pihaknya akan menjadikan KTT APEC itu sebagai momentum untuk mewujudkan Sumut dan Kota Medan sebagai salah satu pusat kegiatan nasional. (Antara)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara.  Telp. 061-76874434. CP. 08126519178. Email:armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.