Persiapan dan Tips Memancing di Tambak

Bagi sebagian penghobi memancing ikan, tambak adalah salah satu lokasi favorit. Pasalnya, persiapan dan peralatan memancing di tambak tidak serepot memancing di sungai atau di laut. Memancing di tambak adalah pilihan sebagian pemancing, khususnya mereka yang tak punya banyak waktu untuk bepergian jauh ke sungai atau ke laut. Lalu, apa saja persiapkan dan tips yang harus diketahui bila ingin memancing di tambak?

Siapkan peralatan memancing:

- Tongkat pancing beserta reel nya.
- Umpan (udang, cacing, pelet atau racikan sendiri)
- Mata kail
- Tang yang berbentuk lancip ( digunakan jika jari tertusuk kail )
- Pelampung kecil
- Tempat menyimpan tangkapan
- Rompi khusus memancing

Tips memancing di tambak:

Peralatan mancing sama seperti di atas dan umpannya tergantung jenis ikan yang akan dipancing. Untuk ikan emas biasanya menggunakan umpan racikan yang dibuat sendiri dan bahan-bahannya juga mudah didapat. Bahannya menggunakan tepung pellet yang berbentuk butiran, daging ikan dan lain-lain.

Jika tidak ingin terlalu repot umpan seperti ini bisa diperoleh di toko ikan atau toko pancing. Khusus untuk ikan mujair dan sejenisnya, umpan yang digunakan adalah cacing atau lumut hijau.

Untuk setting alat pancing di lokasi ini, mata kail yang digunakan bisa berjumlah 2 atau lebih dengan posisi pelampung berada di atas mata kail. Ketinggian batas pelampung dan timah disesuaikan dengan kedalaman air. Untuk kedalaman 1,5 meter, jarak antara pelampung dan timah juga 1,5 meter, dan pelampung dibatasi pakai stopper.

Sekarang, sudahkah Anda menentukan di kolam ikan mana akan memancing hari in? Tidak perlu bingung, cobalah Anda menyinggahi kolam pancing Alam Wisata Armaya di Pancur Batu, Deli Serdang. Di antara dua kolam yang disediakan, terdapat satu kolam ikan mas di sana, selain kolam ikan lele. Siapkan peralatan pancing Anda dan selamat memancing sambil berwisata dengan keluarga.