Pabrik Panci Perbudakan Buruh Jadi 'Tempat Wisata'


Rumah mewah bertingkat dua dengan pilar menjulang hingga ke balkon dan rumah kumuh bertingkat dua dengan berkarung-karung tanah liat menutupi daun pintu. Dua tempat kontradiktif itu, beberapa hari belakangan sejak Jumat, 3 Mei hingga Senin, 6 Mei 2013 menjadi tempat "wisata" baru bagi masyarakat Tangerang dan sekitarnya.

Masyarakat sejak pagi, siang, hingga malam berduyun-duyun masuk ke Kampung Bayur, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur itu. Orang-orang itu baik jalan kaki atau berkendaraan lalu-lalang ke rumah dan pabrik panci itu. Sebagian lain duduk-duduk di pinggir jalan kecil dan sebagian besar lainnya berdiri menyemut di depan pabrik.

Masyarakat terenyak, kaget, dan syok menyaksikan dengan mata kepala sendiri kondisi di dalam pabrik panci yang menjadi ajang perbudakan buruh itu. "Seumur-umur saya baru kali ini mendekati rumah ini. Padahal, saya warga asli sini," kata Nuning Setyawati, warga Cadas, Sepatan. Nuning sempat mengira itu adalah rumah pejabat karena mobil yang sering parkir berjajar-jajar di halaman rumah.

Fatimah, warga setempat yang pernah bekerja di pabrik peleburan alumunium milik Yuki Irawan, 41 tahun, juga tak kalah kaget. "Dulu saya juga bekerja sama dia sebagai petugas pencatat balokan alumunium. Sehari dibayar Rp 50 ribu. Tapi saya cuma dua bulan kerja dan pabriknya belum di sini, tapi di Jati Talang," kata Fatimah.

Selain penasaran, beragam motif masyarakat mengunjungi pabrik panci itu. Ada yang sekadar menonton, ada yang nekat menerobos masuk untuk melihat kamp perbudakan buruh yang pengap di belakang rumah.

Adapula warga yang berbisik-bisik melihat kuburan bernisan merah di samping kamp buruh di belakang rumah mewah itu. Soal kuburan, polisi menjelaskan dari keterangan saksi yang sudah diperiksa bahwa kuburan itu adalah makam Amalia, anak kedua Yuki yang meninggal kala berusia 3 tahun akibat muntaber. (Tempo)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara.  Telp. 061-76874434. CP. 08126519178. Email:armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.