10 Masjid Tertua di Dunia

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam. Masjid juga menjadi pusat kehidupan komunitas Muslim. Banyak kegiatan-kegiatan seperti perayaan hari besar, diskusi, ceramah, belajar Al Quran, dilaksanakan di masjid. Malah, dalam sejarah Islam, masjid memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan.

Masjid Quba
Pertama dibangun: 622
Lokasi: Madinah
Negara: Arab Saudi

Masjid ini terletak di daerah Quba, sekitar 5 km sebelah barat daya Madinah. Masjid ini adalah masjid tertua di dunia dan yang pertama didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW sebanyak dua kali, pertama ketika kiblatnya menghadap Baitul Maqdis dan kedua ketika kiblatnya menghadap Baitullah. Batu pertamanya diletakkan oleh Nabi sendiri, kemudian berturut-turut diletakkan oleh Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali bin Abi Thalib. Selanjutnya dikerjakan oleh sahabat Muhajirin dan Anshar sampai selesai.

Al-Masjid al-Nabawi
Pertama dibangun: 622
Lokasi: Madinah
Negara: Arab Saudi

Al-masjid al nabawi, yang sering disebut Masjid Nabi adalah sebuah masjid yang terletak di Kota Madinah. Sebagai tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW, itu dianggap tempat paling suci kedua dalam Islam oleh umat Islam (yang pertama adalah masjid Al-haram di Mekkah). Masjid ini adalah yang terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Al-Haram di Mekkah dan sekaligus menjadi masjid kedua tersuci oleh kaum Syiah dan Sunni.

Masjid al-Qiblatain
Pertama dibangun: 623
Lokasi: Madinah
Negara: Arab Saudi

Masjid al-Qiblatain yang berada di Madinah secara historis penting bagi umat Islam. Sebuah peristiwa penting berupa perpindahan arah kiblat dari Masjidil Aqsa di Palestina (utara) ke Ka’bah di Masjidil Haram di Mekkah (selatan) dialami Rasulullah SAW dan para sahabat saat sedang melakukan shalat dzuhur berjamaah di masjid ini. Itulah mengapa masjid ini dinamai Qiblatain yang berarti dua kiblat.

Masjid Jawatha
Pertama dibangun: 629
Lokasi: Al kilabiyah
Negara: Arab Saudi

Masjid Jawatha terletak di Desa Al-kilabiyah, sekitar 12 km arah timur laut Hofuf, al-ahsa, Arab Saudi. Jawatha adalah awal masjid yang dibangun di Arabia timur. Sebagian besar struktur asli masih bisa ditemukan di reruntuhan masjid. Hingga kini, masjid ini masih digunakan untuk sembahyang.

Masjid al-Haram
Pertama dibangun: 638
Lokasi: Mekkah
Negara: Arab Saudi

Masjid al-Haram merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini terletak di Kota Mekkah mengelilingi Ka'bah, tempat suci bagi umat Islam. Dulu, masjid ini tidak bertembok, tetapi dikelilingi oleh rumah-rumah penduduk dari semua arah. Perluasan pertama masjid ini dilakukan pada masa pemerintahan Umar bin Al Khothob radhiyallahu ‘anhu ketika melihat masjid tidak bisa menampung para jamaah haji dan orang yang berziarah.

Masjid Agung Kufa
Pertama dibangun: 639
Lokasi: Kufa
Negara: Irak

Masjid Agung Kufah, atau masjid al-kufah, atau Masjid-al-azam terletak di Kufah, Irak, merupakan satu masjid paling awal dalam Islam.

Masjid Uqba
Pertama dibangun: 670
Lokasi: Kairouan
Negara: Tunisia

Masjid Agung Kota Kairouan resminya bernama Masjid Uqba Bin Nafi atau terkenal juga dengan nama Sidi Uqba atau Uqba Bin Nafis atau Uqba Bin Nafaa. Uqba Bin Nafi adalah salah satu sahabat Rosulullah S.AW. yang juga salah satu panglima perang Islam penakluk Afrika utara ke dalam pangkuan Islam. Beliaulah yang pertama kali membangun masjid ini tahun 670M sekaligus menjadi penguasa muslim pertama di sana. Dua puluh tahun setelah dibangun, masjid ini hancur lebur oleh serbuan pasukan suku Berber yang mencaplok Kota Kairouan di bawah pimpinan Kusaila.

Masjid Imam Hussain
Pertama dibangun: 680
Lokasi: Karbala
Negara: Irak

Ali bin husain adalah sebuah tempat suci Islam syiah di Kota Karbala, Irak. Ia berdiri di lokasi makam Ali, cucu kedua Muhammad SAW, dekat tempat di mana ia terbunuh selama pertempuran Karbala pada 680 masehi. Makam Husain bin 'ali bin husain adalah salah satu tempat suci untuk kaum syiah di luar Mekkah dan Madinah. Saban tahun, jutaan peziarah mengunjungi kota ini untuk melihat 'Asyura, peringatan wafatnya Husain bin' ali.

Masjid Al-Aqsa
Pertama dibangun: 705
Lokasi: Jerusalem

Masjid Al-Aqsa (Al-Aqsha) adalah satu tempat suci agama Islam yang menjadi bagian dari kompleks bangunan suci di Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Masjid Al-Aqsa secara luas dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam. Muslim percaya bahwa Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra' Mi'raj.

Masjid Al-Zaytuna
Pertama dibangun: 709
Lokasi: Tunis
Negara: Tunisia

Masjid Al-zaytuna, atau Ez-zitouna atau Masjid Ezzitouna adalah sebuah masjid besar di Tunis, dekat pantai utara Afrika. (berbagai sumber)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara. Office: Jl. KH Zainul Arifin No. 171 Medan 20112. Phone: 061-4567464 - 061 4567963. Fax. 061-4567963. Email: armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.