Enam hotel baru berdiri di Medan

Enam hotel baru bakal meramaikan bisnis perhotelan dan pariwisata di Medan menyusul bakal rampungnya pembangunan sejumlah hotel berbintang di kota nomor tiga terbesar di Indonesia ini.

Manajer Marketing Asean Hotel Afwandy membenarkan ada enam hotel berbintang tiga dan empat yang akan operasi tahun ini di Medan.

“Hotel-hotel tersebut kini sudah memasuki masa finishing dan diperkirakan akhir tahun sudah operasional,” ujarnya menjawab Bisnis di Medan Rabu 6 Juni 2012.

Sejauh ini Afwandi enggan memberikan nama-nama hotel tersebut karena bukan wewenangnya. Akan tetapi, berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis hotel yang bakal beroperasi di Medan tahun ini a.l. Grand City, Hotel Sultan, Hotel Sasha, dan satu hotel lagi yang dikendalikan Group Lippo. Total kamar hotel yang akan bertambah diperkirakan sekitar 600 kamar untuk menambah kamar hotel di daerah ini sekitar 2.500 yang sudah operasi.

Afwandi mengatakan, daerah ini merupakan kota transit untuk menuju daerah tujuan wisata seperti Danau Toba, Bahorok, dan Berastagi. Para wisatawan mancanegara, lanjutnya, kalau mau ke Berastagi atau Bahorok harus mengingap sedikitnya satu malam di Medan. Demikian sebaliknya, kata dia, ketika mau pulang ke negaranya minimal menginap semalam di Medan.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatra Utara Irfan Mutyara menambahkan Medan ini merupakan pintu gerbang masuk wilayah barat. Jadi, kata dia, wajat jika banyak pengusaha tertarik membangun hotel di daerah ini. Apalagi, kata dia, kalau Bandara Kuala Namu sudah operasional, Medan dapat dijadikan sebagai lokasi pertemuan internasional.

Selama ini, lanjut dia, kalau ada pertemuan internasional selalu diadakan di Bali, Jakarta, dan Yokyakarta. Dengan tersedianya hotel dari berbagai kelas di Medan, kata dia, maka Medan sudah layak dijadikan lokasi pertemuan skala internasional karena jumlah kamar sudah memadai. Demikian juga ruang pertemuan, paparnya, sudah ada yang mamadai, a.l. Hotel Santika Dyandra, Hermes Palace, Tiara Convention Hall, dan Gedung Serbaguna yang mampu menampung ribuan peserta.

Pangsa pasar hotel pun, kata dia, semakin beragam. Ada yang mengkhususkan diri sebagai hotel syariah, hotel yang dipadukan dengan kegiatan pameran, serta hotel yang khusus membidik pangsa pasar wisatawan negara tertentu.

Sekarang, kata dia, bagaimana pelaku pariwisata di daerah ini bekerjasama dengan pemerintah kota Medan mendesain kegiatan untuk menarik pelancong mancanegara masuk ke daerah ini.

“Sumut sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan keindahan alam seperti Danau Toba, Kawasan Hutan Bahorok, dan keindahan alam Berastagi. Harus ada terobosan dengan membuat kegiatan skala internasional dan mengundang peserta dari berbagai negara,” tuturnya. (sumber: Bisnis.com)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara. Office: Jl. KH Zainul Arifin No. 171 Medan 20112. Phone: 061-4567464 - 061 4567963. Fax. 061-4567963. Email: armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.