Festival Danau Toba 2013 akan Lebih Layak Dikunjungi

foto: tempatberlibur.wordpress.com
Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan, kegiatan Festival Danau Toba 2013 yang akan digelar Juli mendatang, memiliki berbagai keistimewaan dan kenyamanan, sehingga lebih layak untuk dikunjungi wisatawan.

Demikian disampaikan Mangindar Simbolon kepada wartawan, di Samosir, seperti diberitakan Medan Bisnis (21/2). Bupati menjamin penyelenggaraan Festival Danau Toba 2013, berbeda dengan kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

Dia mengatakan, untuk menjadi pusat pembukaan dan penutupannya, lokasi kegiatannya akan di Pantai Wisata Batu Hoda di kawasan Cinta Damai, Kecamatan Simanindo. Kemudian, kegiatan dan hiburan dalam festival tersebut juga dilakukan berbagai pinggiran pantai di Kawasan Danau Toba.

Dari sisi akomodasi, pihaknya akan menyiapkan berbagai lokasi yang dapat ditempati masyarakat dari berbagai daerah yang mengunjungi Festival Danau Toba.

Dengan keterbatasan hunian hotel di sekitar Danau Toba, pihaknya akan menyiapkan alternatif berupa "home stay" dengan menjadikan rumah penduduk sebagai tempat tinggal pengunjung.

Namun rumah penduduk yang akan disewakan tersebut harus memiliki kelayakan untuk menjadi tempat tinggal seperti ketersediaan air, kamar mandi, dan jaminan kebersihan.

Kebijakan alternatif tersebut sangat mungkin dilakukan karena banyak rumah penduduk yang kosong dan tidak dirawat. "Itu bisa disewakan, syaratnya harus layak yakni ada kamar mandi, air, dan bersih," katanya.

Kemudian, kata Bupati, disiapkan juga lokasi camping atau berkemah bagi pengunjung yang mungkin akan menarik perhatian, terutama bagi kalangan generasi muda. Penyiapan lokasi berkemah sangat memungkinkan karena banyaknya lokasi kosong antara jalan lingkar Samosir dengan pantai yang cocok untuk berkemah.

Selain keberadaan tanah yang bersih, lokasinya juga menarik karena banyak pepohonan sehingga akan memberikan kerindangan dan kesejukan bagi masyarakat yang berkemah.

Selain dapat menampung pengunjung yang diperkirakan membludak, penyiapan kemah tersebut juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menambah penghasilan ekonomi. Untuk menyukseskan penyiapan lokasi kemah tersebut, pihaknya akan menginstruksikan kalangan pengusaha yang terlibat dalam Festival Danau Toba untuk berkoordinasi dengan warga yang menjadi pemilik tanah.

Keistimewaan Festival Danau Toba 2013 yang lain adalah perubahan paradigma dalam penyediaan konsumsi yang selama ini dilakukan panitia. Pola selama ini yang mengandalkan panitia cukup merepotkan. "Selanjutnya, panitia hanya menyediakan konsumsi untuk tamu tertentu," katanya.

Untuk Festival Danau Toba 2013, penyediaan konsumsi akan dilakukan masyarakat sekitar Danau Toba yang akan difasilitasi panitia. Agar dapat diterima seluruh lapisan masyarakat, pihaknya akan menetapkan syarat kuliner yang sehat, bersih, halal, dengan harga standar dan dapat terjangkau.

"Harus ada unsur halalnya, tempatnya nanti disiapkan panitia. Tempatnya khusus, tidak boleh sembarangan," kata Bupati yang menjadi Ketua Panitia Festival Danau Toba 2013. Demikian juga penyediaan alat transportasi agar kendaraan yang digunakan pengunjung tidak memenuhi lokasi Festival Danau Toba 2013.

Menurut Bupati, disebabkan padatnya masyarakat yang akan mengunjungi Festival Danau Toba, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak membawa langsung ke Samosir. Mobil yang dibawa masyarakat tersebut sebaiknya dititipkan di kawasan Tigaras dan Parapat yang akan mendapatkan pengamanan dari panitia.

Selanjutnya, kepanitiaan akan menyiapkan tranportasi lokasl yang terjamin, baik keamanan, kebersihan, maupun kepastian dalam jadwal keberangkatan. Untuk mempermudah penggunaan alat transportasi tersebut, pihaknya akan menyiapkan loket untuk pembelian tiket yang dapat dikembalikan ke panitia. "Jadi, tidak ada uang tunai di sana. Itu paradigma baru dalam Festival Danau Toba 2013," kata Bupati. (medanbisnis)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara.  Telp. 061-76874434. CP. 08126519178. Email:armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.