Menjelajahi Negeri Melaka, Malaysia (Bag. 2)

Taman Burung di Kebun Binatang Melaka
Destinasi pertama di Melaka pada hari kedua yang kami kunjungi setelah menghabiskan sarapan di Hotel Avilion, ialah Hang Tuah Hole di mana terdapat sebuah sumur tua. Lokasinya berada di Kampung Duyung. Ada juga rumah panggung Melayu yang dijadikan sebagai objek wisata sejarah di sini.

Menurut Pak Aminuddin, tour guide rombongan yang mengarahkan kami selama di perjalanan, konon sumur tua ini dulunya merupakan sumur semasa Hang Tuah masih hidup. Menurut mitos yang dipercaya orang Melaka sampai kini, Hang Tuah merupakan panglima perang Sultan Melaka sekitar 1800-an.

Sumur Tua Hang Tuah Melaka
Selepas itu, kami lalu menyinggahi Museum Madu yang menawarkan aneka jenis madu dengan khasiat masing-masing. Setiap pengunjung disediakan madu gratis untuk dicoba sebelum Anda membeli. Harganya pun bervariasi, mulai dari 45 – 100-an RM. Meski di Medan sendiri tak sulit menemukan madu khas Indonesia, namun beberapa dari kami rela merogoh kocek untuk membeli beberapa botol madu dari sini untuk dijadikan oleh-oleh.

Tak lupa kami juga mengunjungi Kebun Binatang Melaka. Di sini terdapat Taman Burung dan atraksi buaya.

Setelah makan siang di Botanikal Cafe yang juga menyediakan aneka furnitur dari kayu dekat restoran, kami pun melanjutkan perjalanan ke Planetarium. Di sini Anda dapat menjelajahi petualangan yang berkaitan dengan astronomi dan ilmu antariksa temuan-temuan dari NASA, Amerika.

“Jika Anda punya anak nak memiliki bakat ilmu astronomi, Anda boleh ajak kemari. Tempat ini sangat bagus dan mendidik,” kata Pak Amin. Benarlah memang. Saat tiba di sini, kami diajak sebuah ruangan teater dengan display bundar di langit-langit gedung. Di sini diputar video animasi produksi NASA berdurasi 30 menit yang menjelaskan asal mula bumi, matahari dan planet-planet lain. Anda akan diajak menjelajahi waktu dalam rentang waktu jutaan tahun dengan efek 3D sehingga Anda seolah-olah menjadi saksi proses pembentukan itu terjadi.

Penulis (kanan) di depan gedung Planetarium, Melaka
Ada tiga Planetarium di Malaysia; dua di Kuala Lumpur, satu di Melaka. Terlepas dari kesan begitu dominasi kehebatan Amerika Serikat dalam penelitian antariksa, Planetarium adalah tempat yang sayang Anda lalui begitu saja jika berkunjung ke Melaka.

Tujuan berikutnya ialah Kota Feshen yang menawarkan berbagai jenis kain bakal untuk perempuan. Ada juga toko-toko yang menjual berbagai jenis karpet dari Timur Tengah di sini. Sementara rombongan ibu-ibu berbelanja, kami memanfaatkan waktu senggang dengan menikmati bubur kacang hijau dan kopi di sebuah kedai kopi di dekat pertokoan.

Itu bukan perjalanan terakhir. Setelah mengunjungi Taman Seribu Bunga dan menikmati makan malam di sebuah restoran terapung pukul 20.30 waktu Malaysia, kami mengunjungi Night Zoo. Kami diajak naik tram dan berkeliling mengitari kebun binatang yang dihuni satwa-satwa liar yang dilindungi di Malaysia. (Tonggo Simangunsong)

Kunjungi Alam Wisata Armaya dan nikmati sensasi berlibur dengan alam yang kami tawarkan. Alamat: Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang - Sumatra Utara. Office: Jl. KH Zainul Arifin No. 171 Medan 20112. Phone: 061-4567464 - 061 4567963. Fax. 061-4567963. Email: armayawisata@gmail.com. Lihat galeri wisata kami di sini.